Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Menurut Teori Konstruktivisme

Authors

  • Ratnasari Meliana Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Hanifah Nurus Sopiany Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/radian.v1i1.6503

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret menurut teori konstruktivisme. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Hayatan Thayyibah pada semester ganjil tahun ajaran 2021/ 2022. Penentuan subjek penelitian ini dilakukan secara purposive sampling dengan memilih 1 siswa dari setiap kategori hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang terdiri dari kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis, wawancara, dan triangulasi data. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini akan menunjukkan kesesuaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada soal barisan dan deret dengan teori konstruktivisme berdasarkan prinsip -prinsipnya: a) Lingkungan belajar; b) Pengetahuan awal siswa; c) Kemampuan mengkonstruksi hubungan antara pengetahuan yang sudah dimiliki dengan yang sedang dipelajari; d) Keaktifan siswa dalam pembelajaran; e) Kemampuan menjelaskan kembali hasil yang dikerjakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-30

How to Cite

Meliana, R., & Sopiany, H. N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Menurut Teori Konstruktivisme. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 1(1), 29–48. https://doi.org/10.35706/radian.v1i1.6503

Issue

Section

Artikel

Citation Check