Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP

Authors

  • Siti umayah Hopatuh Fatonah Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Iyan Rosita Dewi Nur Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i2.6534

Abstract

Gaya belajar siswa merupakan salah satu unsur yang penting serta harus diperhatikan dalam proses belajar di sekolah menengah untuk mewujudkan tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Ex Post Facto. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling dimana subjek yang di gunakan dalam penelitian ini adalah 15 siswa SMPN 1 Tambelang dengan instrumen yang di berikan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diindentifikasi bahwa perbedaan gaya belajar siswa beragam. Berdasarkan hasil penelitian pada gaya belajar visual diperoleh sebanyak 18,5% siswa menggunakan gaya belajar visual, sebanyak 19,5% siswa menggunakan gaya belajar auditorial, dan 21,8% siswa menggunakan gaya belajar kinestetik. Selain itu, sebanyak 18,27% siswa menggunakan gaya belajar visual dan kinestetik, dan 21,5% siswa menggunakan gaya belajar Auditorial dan kinestetik. Gaya belajar kinestetik merupakan gaya belajar yang lebih dominan dari gaya belajar lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-09-30

How to Cite

Hopatuh Fatonah, S. umayah, & Dewi Nur , I. R. (2022). Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 1(2), 81–87. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i2.6534

Issue

Section

Artikel

Citation Check