Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Logaritma

Authors

  • Sumiati Sumiati Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Redo Martila Ruli Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i3.6535

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi logaritma dan metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data diperoleh dengan tes tulis dan wawancara terhadap siswa kelas X IPA  pada salah satu SMA di Kabupaten Bandung dan kemudian dipilih 3 orang siswa berdasarkan jawabannya yang memenuhi kriteria tinggi, sedang, dan rendah untuk melakukan wawancara. Analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah terdapat 3 kriteria kemampuan berpikir kreatif pada siswa, yaitu tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa tinggi, tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa sedang, dan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa rendah. Untuk siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif tinggi cenderung mampu menunjukkan keempat indikator berpikir kreatif. Kemudian untuk siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif sedang cenderung mampu menunjukkan tiga dari empat indikator berpikir kreatif. Dan untuk siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif rendah hanya mampu menunjukkan satu atau dua dari empat indikator berpikir kreatif. Kemudian hasil penelitian juga menyimpukan bahwa siswa kelas X IPA pada salah satu SMA di Kabupaten Bandung  memiliki kemampuan berpikir kreatif yang tergolong sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-01-01

How to Cite

Sumiati, S., & Martila Ruli, R. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Logaritma. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 1(3), 107–115. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i3.6535

Issue

Section

Artikel

Citation Check