Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMA

Authors

  • Annisa Jannah Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Rina Marlina Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/rjrrme.v2i1.8230

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kecerdasan emosional siswa, gambaran tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dan hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMA Negeri 5 Karawang . Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kuantitatif. Peneliti menggunakan metode penelitian ex post facto korelasi. Sampel yang penulis gunakan adalah siswa kelas XII IPA 1 yang berjumlah 18 siswa. Data-data dalam penelitian ini penulis dapatkan dengan menggunakan metode kuesioner, tes. Semua data penelitian di analisis dengan menggunakan rumus product moment.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kecerdasan emosional siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 5 Karawang  dengan kecerdasan emosional rendah dengan prosentase 28,1%, sedang dengan prosentase 37,5%, dan tinggi dengan prosentase 34,4%. Kedua, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 5 Karawang  dengan kemampuan pemecahan masalah matematika rendah dengan prosentase 29,7%, sedang dengan prosentase 35,9%, dan tinggi dengan prosentase 34,4%. Ketiga, setelah data dianalisis menggunakan teknik korelasi product moment diperoleh nilai  dengan jumlah koefisien korelasi 0,586 kemudian dibandingkan dengan dengan jumlah n = 18 dan taraf signifikan  1% yaitu 0,2075 , sehingga terdapat hubungan yang signifikansi antara kecerdasan emosional dengan kemampuan pemecahan masalah matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-30

How to Cite

Jannah, A., & Marlina, R. (2023). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMA. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 2(1), 26–34. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v2i1.8230

Issue

Section

Artikel

Citation Check