Eksplorasi Hubungan Augmented Reality Dan Kecemasan Terhadap Penerapan Kecakapan Matematis Pada Pembelajaran Geometri
DOI:
https://doi.org/10.35706/radian.v4i2.13169Keywords:
Augmented Reality, Anxiety, Mathematical Proficiency, Kecakapan Matematis, KecemasanAbstract
This study aims to examine in depth the relationship between the use of Augmented Reality (AR) and students' anxiety levels on their mathematical proficiency in solving geometry problems, both individually and jointly. Excessive anxiety can negatively affect students' problem-solving abilities, while AR offers an interactive and engaging way to present mathematical concepts that may help reduce anxiety. Mathematical proficiency include conceptual understanding, procedural fluency, problem-solving strategies, adaptive reasoning, and productive disposition, all of which are interrelated. The study involved 99 high school students, from which 79 were selected as the sample. Two students one with high anxiety and one with low anxiety were chosen as case study subjects. Data were analyzed using simple and multiple linear regression, as well as through data condensation, data display, and conclusion drawing. The results indicated a significant relationship, both individually and jointly, between the use of AR and anxiety levels on students' mathematical proficiency. Students with low anxiety who were taught using AR media demonstrated the ability to utilize their full range of mathematical proficiency to solve geometry problems. In contrast, high-anxiety students who were also taught using AR media applied their proficiency incompletely, leading to inappropriate problem-solving outcomes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam hubungan penerapan Augmented Reality (AR) dan kecemasan terhadap kecakapan matematis siswa dalam menyelesaikan masalah geometri baik secara parsial maupun bersama-sama. Kecemasan yang berlebihan dapat memberikan dampak pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah, sementara AR menawarkan cara untuk meredakan kecemasan dengan menghadirkan konsep-konsep matematika secara interaktif dan menarik. Kecakapan matematis terdiri dari pemahaman konsep, keterampilan prosedural, strategi pemecahan masalah, penalaran adaptif, dan disposisi produktif yang saling berkaitan. Penelitian ini melibatkan 99 siswa SMA kemudian dipilih 79 siswa sebagai sampel. Dipilih dua siswa sebagai subjek yang memiliki kecemasan rendah dan tinggi. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan berganda serta kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan baik secara parsial maupun bersama-sama antara penerapan AR dan kecemasan terhadap kecakapan matematis. Serta siswa kecemasan rendah yang diajar dengan media AR dapat menggunakan kecakapan matematis yang dimiliki secara lengkap sehingga dapat menyelesaikan masalah geometri sedangkan siswa kecemasan tinggi yang diajar dengan media AR menerapkan kecakapan yang kurang lengkap sehingga memberikan penyelesaian masalah yang tidak sesuai.
Downloads
References
Alisa, A., Suwangsih, E., & Solihah, P. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality (AR) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(2), 89-102.
Ariadi, A., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Excellent Dan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 122-137.
Artama, E. N. N., Amin, S. M., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 34-40.
Ateş, H., & Polat, M. (2025). Leveraging augmented reality and gamification for enhanced self-regulation in science education. Education and Information Technologies, 1-32.
Barbag, L. I. (2024). Teachers’ Perceptions of Social-Emotional Learning Strategies for High School Students Experiencing Mathematics Anxiety (Doctoral dissertation, National University).
Cerbito, A. F. (2020). Comparative Analysis of Mathematics Proficiency and Attitudes toward Mathematics of Senior High School Student. Online Submission, 10(5), 211-222.
Dargan, S., Bansal, S., Kumar, M., Mittal, A., & Kumar, K. (2023). Augmented reality: A comprehensive review. Archives of Computational Methods in Engineering, 30(2), 1057-1080.
Dewi, S., & Simamora, R. (2022). Analisis Kecemasan Siswa pada Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning di SMP Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(2), 368-378.
Faizza, H. R., Nihaya, S. I., Muhshinin, M. I., Cahyanti, I. U., & Susilo, B. E. (2024, February). Studi Literatur Pengaruh Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Materi Geometri SMA Kelas XII. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 752-756).
Fajari, U. N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada materi bangun datar dan bangun ruang. Jurnal kiprah, 8(2), 113-122.
Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119-130.
Go, M. C., Cris, M., & Go, J. (2023). Enhancing mathematical proficiency assessment: Insights from mathematics teachers. Science International, 35, 773-780.
Hermawan, A., & Hadi, S. (2024). Realitas pengaruh penggunaan teknologi augmented reality dalam pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 328-340.
Hutajulu, M., Senjayawati, E., & Minarti, E. D. (2019). Analisis kesalahan siswa SMK dalam menyelesaikan soal kecakapan matematis pada materi bangun ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 365-376.
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6.
Ilma, M. F. M., Roebyanto, G., & Ahdhianto, E. (2022). Pengembangan Media Kartu Baruang (Belajar Bangun Ruang) Berbasis Augmented Reality untuk Kelas VI SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(1), 36.
Jailani, J., Retnawati, H., Wulandari, N. F., & Djidu, H. (2020). Mathematical literacy proficiency development based on content, context, and process. Problems of Education in the 21st Century, 78(1), 80.
Juniati, D., & Budayasa, I. K. (2020). Working memory capacity and mathematics anxiety of mathematics undergraduate students and its effect on mathematics achievement. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 271-290.
Meilindawati, R., Zainuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Penerapan media pembelajaran augmented reality (ar) dalam pembelajaran matematika. JURNAL e-DuMath, 9(1), 55-62.
Mulianti, S., Susanta, A., Hanifah, H., & Haji, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Augmented Reality (AR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di SMK Negeri 1 Lebong. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 930-939.
Mu'minah, I. H. (2021, October). Studi literatur: pembelajaran abad-21 melalui pendekatan steam (science, technology, engineering, art, and mathematics) dalam menyongsong era society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 584-594).
Nasution, N. A., Satria, A., Ramadhani, F., & Subakti, N. M. (2023). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality dan Java Desktop Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangunan. Jurnal Fibonaci, 4(1), 23-32.
Numan, M., & Azka, R. (2023). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Polynom: Journal in Mathematics Education, 3(2), 49-55.
Prasetyo, F., & Dasari, D. (2023). Studi Literatur: Identifikasi Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 240-253.
Rafiqoh, S. (2020). Arah kecenderungan dan isu dalam pembelajaran matematika sesuai pembelajaran abad 21 untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 58-73.
Rahmafitri, F., Deswita, E., & Trisoni, R. (2024). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka dan Implikasinya Terhadap Kualitas Pendidikan. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 45-55.
Rahman, M. S. (2025). Peran Media Pembelajaran Dan Kecemasan Dalam Mengembangkan Kecakapan Matematis Siswa. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 13(1), 24-42.
Rahman, M. S., & Juniati, D. (2023). The Quality of Mathematical Proficiency in Solving Geometry Problem: Difference Cognitive Independence and Motivation. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(3), 255-266.
Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan pustaka systematik: Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 239-256.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Syarifuddin Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







