Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)
DOI:
https://doi.org/10.35706/radian.v4i3.13174Keywords:
Error Analysis, SPLDV, Newman Theory, Analisis Kesalahan, Teori NewmanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan peserta didik SMP dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV berdasarkan teori Newman (Newman’s Error Analysis). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Al-Asyiroh yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis soal cerita sebanyak 3 soal dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis kesalahan peserta didik berdasarkan tahapan teori Newman (Newman’s Error Analysis) dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV yaitu: Reading error sebanyak 50,0%, Comprehension error sebanyak 50,0%, Transformation error sebanyak 60,4%, Proses Skill Error sebanyak 93,8%, dan Encoding Error sebanyak 93,8%. Kesalahan yang paling sering adalah pada tahap Proses Skill Error sebanyak 93,8%, dan Encoding Error sebanyak 93,8%.
Downloads
References
Alvis Syahril Maulana, M. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv) Pada Siswa Smp Al – Maksum T.P 2020/2021. Skripsi.
Anisa, U. I., Suato, E., Yuanita, P., & Maimunah. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Spldv. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 10(1), 250–258.
Candraningsih, Y., & Warmi, A. (2023). Kesalahan Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1).
Dewi, S. P., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 632–642.
Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53–64.
Hananta, O. F. I., & Ratu, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Logaritma. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 29–35.
Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 35–44.
Hariyani, S., & Aldita, V. C. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 39–50.
Jumiati, Y., & Sylviana Zanthy, L. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 11–18.
Prihatini, S. A., Susilo, D. A., & Hariyani, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Spltv Berdasarkan Tahapan Newman. Seminar Nasional Fst, 2, 364–373.
Tersiana, A. (2022, May). Metode Penelitian Dengan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Isfahani Salsabilla, Dadang Rahman Munandar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







