LITERATURE REVIEW : PENGARUH BELAJAR SEPANJANG HAYAT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR GURU
Abstract
Pendidikan sepanjang hayat (PSH) adalah suatu proses demokratisasi pendidikan yang meliputi
program-program untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi, baik secara
formal maupun informal, melalui pengalaman dan latihan di tempat kerja, guna memenuhi
kebutuhan individu dan tenaga kerja, serta menciptakan masyarakat yang aktif dan sosial yang
setara. Pendidikan sepanjang hayat merupakan hasil integrasi pembelajaran formal, nonformal,
dan informal untuk mengembangkan kemampuan bagi peningkatan kualitas hidup sepanjang
masa. Guru adalah salah satu profesi yang sangat vital bagi perkembangan bangsa, karena melalui
guru, seorang murid akan memperoleh pengetahuan baru selain dari lingkungan keluarganya.
Pendidikan sepanjang hayat menjadi semakin penting dalam konteks peningkatan kualitas
pendidikan, terutama dalam hal pengembangan keterampilan guru. Penelitian ini bertujuan untuk
mengeksplorasi pengaruh pembelajaran sepanjang hayat terhadap peningkatan keterampilan guru
dan pengembangan karir mereka.
Downloads
References
1. DuĠă, N., & Rafailă, E. (2014). Importance of the lifelong learning for professional development of . Procedia - Social and Behavioral Sciences 127 ( 2014 ) 801 – 806 , 1-6.
2. Laal, M. (2011). Lifelong learning: What does it mean? . Procedia - Social and Behavioral Sciences 28 (2011) 470 – 474, 1-5.
3. Laal, M. (2012). Benefits of lifelong learning . Procedia - Social and Behavioral Sciences 46 ( 2012 ) 4268 – 4272 , 1-5.
4. Rahim, A. A., & Mustafa, J. (2021). Pengaruh Sistem Pembelajaran Sepanjang Hayat Terhadap . Selangor Humaniora Review eISSN 2672-7463, 1-24.
5. Yuhety, H., Miarso, Y., & Anisah. (2008). Indikator Mutu Program Pendidikan Sepanjang Hayat. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF - Vol. 3, No.2 - 2008, 1-12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 JoCE (Journal of Community Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



