LITERATURE REVIEW : PENGARUH BELAJAR SEPANJANG HAYAT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR GURU

Authors

  • Silvi Nurrohmah Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Afra Shafa Ramadlani Pendidikan Masyarakat, FKIP UNSIKA, Indonesia

Abstract

Pendidikan sepanjang hayat (PSH) adalah suatu proses demokratisasi pendidikan yang meliputi
program-program untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi, baik secara
formal maupun informal, melalui pengalaman dan latihan di tempat kerja, guna memenuhi
kebutuhan individu dan tenaga kerja, serta menciptakan masyarakat yang aktif dan sosial yang
setara. Pendidikan sepanjang hayat merupakan hasil integrasi pembelajaran formal, nonformal,
dan informal untuk mengembangkan kemampuan bagi peningkatan kualitas hidup sepanjang
masa. Guru adalah salah satu profesi yang sangat vital bagi perkembangan bangsa, karena melalui
guru, seorang murid akan memperoleh pengetahuan baru selain dari lingkungan keluarganya.
Pendidikan sepanjang hayat menjadi semakin penting dalam konteks peningkatan kualitas
pendidikan, terutama dalam hal pengembangan keterampilan guru. Penelitian ini bertujuan untuk
mengeksplorasi pengaruh pembelajaran sepanjang hayat terhadap peningkatan keterampilan guru
dan pengembangan karir mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. DuĠă, N., & Rafailă, E. (2014). Importance of the lifelong learning for professional development of . Procedia - Social and Behavioral Sciences 127 ( 2014 ) 801 – 806 , 1-6.

2. Laal, M. (2011). Lifelong learning: What does it mean? . Procedia - Social and Behavioral Sciences 28 (2011) 470 – 474, 1-5.

3. Laal, M. (2012). Benefits of lifelong learning . Procedia - Social and Behavioral Sciences 46 ( 2012 ) 4268 – 4272 , 1-5.

4. Rahim, A. A., & Mustafa, J. (2021). Pengaruh Sistem Pembelajaran Sepanjang Hayat Terhadap . Selangor Humaniora Review eISSN 2672-7463, 1-24.

5. Yuhety, H., Miarso, Y., & Anisah. (2008). Indikator Mutu Program Pendidikan Sepanjang Hayat. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF - Vol. 3, No.2 - 2008, 1-12.

Published

2025-09-25

How to Cite

Nurrohmah, S., & Shafa Ramadlani, A. (2025). LITERATURE REVIEW : PENGARUH BELAJAR SEPANJANG HAYAT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR GURU. JoCE (Journal of Community Education), 5(1), 21–28. Retrieved from https://journal-fkip.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/13099

Issue

Section

Article

Citation Check

Most read articles by the same author(s)