Peer Review Process
Journal of Community Education (JoCE) menerapkan sistem penelaahan sejawat double-blind (tinjauan dua arah anonim), di mana baik penulis maupun penelaah tidak saling mengetahui identitas masing-masing. Proses ini bertujuan untuk menjaga objektivitas, keadilan, dan kualitas ilmiah setiap naskah yang diterbitkan.
Setiap naskah yang dikirimkan akan ditinjau oleh reviewer yang memiliki keahlian sesuai dengan bidang kajian artikel. Proses penelaahan biasanya memerlukan waktu sekitar empat minggu sejak artikel diterima oleh editor.
Keuntungan model double-blind review antara lain:
- Menjaga objektivitas penilaian tanpa dipengaruhi oleh identitas atau reputasi penulis.
- Mengurangi potensi bias berdasarkan gender, afiliasi institusi, negara asal, atau status akademik penulis.
- Memastikan bahwa penilaian difokuskan pada kualitas isi dan kontribusi ilmiah artikel.
Setelah proses penelaahan, keputusan akhir ditetapkan oleh tim editor berdasarkan rekomendasi para reviewer, dengan kemungkinan hasil sebagai berikut:
- Diterima tanpa revisi
- Diterima dengan revisi minor
- Diterima dengan revisi mayor (perlu peninjauan ulang)
- Ditolak
Setiap artikel juga akan melalui pemeriksaan kesamaan (similarity check) menggunakan TurnitinĀ® untuk memastikan tingkat kemiripan tidak melebihi 20%. Artikel dengan tingkat kemiripan lebih dari batas tersebut akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki atau ditolak.
Melalui proses ini, JoCE berkomitmen untuk menjaga integritas ilmiah dan memastikan bahwa setiap artikel yang diterbitkan memiliki kontribusi nyata terhadap pengembangan ilmu di bidang pendidikan masyarakat.



