Pendekatan Andragogi Dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (Studi pada kelompok bimbingan haji PT.Persada Al-Amin)

Authors

  • Yesi Tasera Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Yus Darusman Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Wiwin Herwina Universitas Siliwangi, Indonesia

Keywords:

BIMBINGAN IBADAH HAJI, PENDEKATAN ANDRAGOGI

Abstract

Kelompok bimbingan ibadah haji dalam proses dan teknik bimbingan menggunakan pendekatan serta prinsip dalam pendidikan orang dewasa. Berdasarkan pra penelitian, peneliti menemukan bahwa permasalahan pada kelompok bimbingan ibadah haji yaitu adanya perbedaan latar belakang pekerjaan daripada jemaah haji, tingkat akhir pendidikan yang beragam, menanggapi situasi dimana daya tangkap yang rendah, perbedaan usia, bahkan keberadaan jemaah haji dengan kondisi lansia yang menjadi perhatian. Maka berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan peneliti melakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pendekatan andragogi dalam kelompok bimbingan ibadah haji diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, penggunaan metode ini telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian yang mencari tahu lebih dalamterkait kondisi yang terjadi sehingga dapat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan, kemudian hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk narasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu pendekatan andragogi memiliki peran yang penting dalam pembelajaran bagi orang dewasa sehingga perlu sekali diperhatikan oleh seorang pembimbing. Pendidikan andragogi bukan hanya strategi dalam proses memberikan pembelajaran, melainkan bentuk pola pelayanan dan komunikasi yang tepat untuk diterapkan. Seorang pembimbing dapat menggunakan dasar asumsi pada orang dewasa untuk dapat melakukan pendekatan andragogi.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. (2021). Memahami Teknik Pengelolaan Dan Analisis Data Kualitatif. Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies. 24 (1) (pp. 173-186). Palangkaraya: pincis.

Ambar Indriastuti, S. S. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Siswa dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran,1 (1) 37-52.

Arif, Z. (2012). Andragogi. Bandung: Cv Angkasa.

Ariyani, W. Y. (2022). Hubungan Antara Pendekatan Andragogi Dengan Minat Belajar Orang Dewasa Di Majelis Maiyah Bangbang Wetan Surabaya . J+ PLUS Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah , 11 (1) 77-94.

Bakry, H. N. (2004). Motivasi Menunaikan Ibadah Haji dan Umrah. Jurnal Profesi Dakwah Al – Hikmah. 5 (11). 83 – 87.

Budiwan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa . Jurnal Qalamuna, 10 (2) 107-135.

Darlis, A. (2017). Hakikat Pendidikan Islam : Telaah Antara Hubungan Pendidikan Informal, Nonformal dan Formal. Jurnal Tarbiyah, XXIV (1). 84-103.

Daniel, W. H. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Terintegritas Soft Skill dan Hard Skill Dalam Meningkatkan Kompetensi Warga Belajar Pada Lembaga Kursus Kecantikan. Jurnal Ilmiah Visi PGTK PAUD dan DIKMAS, 13 (1). 37-47. https://dx.doi.org/10.21009/JIV.1301.5

Daryanto, H. T. (2017). Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Penerbit Gava Media .

Destiani, T., Arbarini, M., & Shofwan, I. (2023). Pendekatan Andragogi dalam Pembelajaran seTARA Daring Pada Program Pendidikan Kesetaraan. Jendela PLS. 8 (1). 32 – 44. https://doi.org/10.37058/jpls.v8il

Dodi Alamsyah, L. K. (2021). Penerapan Pendidikan Orang Dewasa Dalam Program Bina Keluarga Balita. Indonesia Journal Of Adult and Community Education, 3 (2). 7-19. https://doi.org/10.17509/ijace.v3i2.43594

Endang Purwoastuti, E. S. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.

Fahham, A. M. (2015). Penyelenggaraan Ibadah Haji : Masalah dan Penanganannya. Jurnal Kajian, 20 (3). 202-218. https://dx.doi.org/10.22212/kajian.v20i3.625

Farabi, M. (2018). Pendidikan Orang Dewasa dalam Al-Quran . Jakarta: Kencana (Prenadamedia Grup).

Herawaty, A. M. (2022). Problematika Bimbingan Manasik Haji Pada Kbih Labbaika Pondok Aren Tanggerang Selatan. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 9 (2). 521-534 https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i2.25451

Irmawan, E. (2015). Implementasi Teori Andragogi Pada Pembelajaran Pelatihan di Lembaga Kursus dan Pelatihan Fennyke Sidokarto, Godean, Sleman. 1-128. (Skripsi) Universitas Negeri Yogyakarta.

Istianah (2016). Proses Haji dan Maknanya. Esoterik : Jurnal Akhlak dan Tasawuf. 2 (1). 30 – 44. https://dx.doi.org/10.21043/esoterik.v2i1.1900

Kholis, E. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji di Kelompok Bimbingan Haji (KBIH) Mandiri Kota PekanBaru. 1-62. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Kusmiati, I. (2020). Pendekatan Andragogi Dalam Upaya Pengembangan Keterampilan Menjahit. 1-93. (Skripsi) Universitas Siliwangi.

Laili, A. N. (2020). Konsep Pendidikan Informal Perspektif Ibnu Sahnum. IJIES Jurnal Of Islamic Education Studies, 3 (1). 31-47. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1133

Lestari, W. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Andragogi Pada Program Studi Pendidikan Biologi di Universitas Muhamadiyah Palembang . Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (1). 171-177. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.114

Mirwan, S. T. (2020). Metode Bimbingan dan Penyuluhan Islam Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat . Jurnal Washiyah, 1 (2) 288-304.

Mubasyaroh. (2014). Metode-Metode Bimbingan Agama Anak Jalanan. Konseling Religi : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 8 (1). 115-132. https://dx.doi/org/10.21043/jupe.v8i1.1344

Mushon, A. (n.d.). Teknik Analisis Kualitatif . 1-7. Staffnew.uny.ac.id

Mustafa, A. &. (2019). Hak Keperdataan Calon Jemaah Haji Dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus Pada PT. An-Nur Maarif Cabang Bone. Jurnal Hukum Keluarga Islam dan Kemanusiaan, 1 (2). 143-165. .https://dx.doi.org/10.35673/as-hki.v1i2.484

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Harfa Creative.

Ningsih, E. I. (2023). Model Belajar Keterampilan Tata Boga Bagi Pedagang Kuliner. 1-163. (Skripsi) Universitas Siliwangi.

Novilita, H. (2013). Konsep Diri Adversity Quotient dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Psikologi, 8 (1). 619-632. https://doi.org/10.26905/jpt.v8i1.218

Ridwan Agustin Nur, J. A. (2022). Metode Pembinaan Calon Jemaah Haji Pada Kementrian Agama Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (4). 6473-6484. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6508

Rusli, R. d. (n.d.). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Jurnal Staiddi Makasar , 1-3. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Syaadah, M. H. (2022). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal, Dan Pendidikan Informal. PEMA Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2). 125-131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

Sariah. (2012). Kegiatan Belajar Partisipasif. Jurnal Pemikiran Islam, 37 (1) 45-50. http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.312

Sayuti, M. I. (2022). Penerapan Konsep Andragogi Pada Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Wahana Didatika, 20 (2). 310 - 320. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.8220.

Sumiyarno. (2017). Pembelajaran Orang Dewasa Berbasis Andragogi : Tinjauan Teori. 2 (1). Jurnal Ilmiah Visi, 49-55. https://doi.org/10.21009/JIV.0201.7

Surwarni, A. S. (2021). Pendekatan Andragogi dan Proses Pembelajaran Jarak Jauh di PAUD Qolbun Salim Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5 (1) 25-34. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37131.

Taufikrrahman, I. W. (2023). Manajemen Bimbingan Manasik Haji Dalam Membina Kemandirian Calon Jamaah Haji. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21 (2). 302-317. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i2.11208

Warlan Sukandar, Y. R. (2022). Bimbingan dan Konseling Islam : Analisis Metode Bimbingan dan Konseling Islam dalam Quran Surat An-nahl ayat 125. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 5 (1). 87-100. https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i1.3302

Winarti, A. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Konsep Dan Aplikasi). Bandung: ALFABETA.

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 83-91.

Yusliadi, A. N. (2020). Dinamika Kelompok Dalam Pendidikan Perspektif Syaikh Al - Zarnuji Al - Fikrah, 38 – 54

Yusuf, R. N., Musyadad, V. F., Iskandar, Y. Z., & Widiawati, D. (2021). Implikasi Asumsi Konsep Diri Dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (4). 1144 – 1151. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.513.

Published

2025-09-25

How to Cite

Tasera, Y., Darusman, Y., & Herwina, W. (2025). Pendekatan Andragogi Dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (Studi pada kelompok bimbingan haji PT.Persada Al-Amin). JoCE (Journal of Community Education), 5(1), 1–10. Retrieved from https://journal-fkip.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/13106

Issue

Section

Article

Citation Check

Most read articles by the same author(s)