Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Peluang

Authors

  • Fadli Aprilianto Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Rini Anggraini Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Widyia Lisda Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Fauziah Kurnia Putri Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Dhita Ardila Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Anna Cesaria Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/radian.v4i3.13160

Keywords:

Analysis, Problem Solving Skill, Probability, Analisis, Keterampilan pemecahan masalah, Peluang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa SMA pada materi peluang dengan langkah-langkah Newman berdasarkan lima tahapan yaitu tahapan membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan menyimpulkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 5 siswa kelas X SMA. Instrumen penelitian berupa tes pemecahan masalah matematika pada materi peluang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 64% siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Kesalahan terbanyak terdapat pada tahap menyimpulkan dengan persentase sebesar 100%. Tahap membaca atau pemahaman awal menunjukkan persentase jawaban benar sebesar 80%. Maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah dan perlu dilakukan upaya untuk meningkatkannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201.

Jalal, N. M. (2022). Persepsi Siswa Sekolah Dasar terhadap Mata Pelajaran Matematika saat Pandemi Covid-19. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 27–40. DOI: 10.24256/pijies.v5i1.2591

Fitria, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 786-792.

Fitri, A., Damanik, A. G., Zega, N., & Fauzi, M. A. (2024). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bidang datar segitiga berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Alacrity: Journal of Education, 4(3), 495–505. http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity

Kholidah, I. R., & Sujadi, A. A. (2018). Analisis pemahaman konsep matematika siswa kelas V dalam menyelesaikan soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul tahun ajaran 2016/2017. Trihayu, 4(3), 259074.

Newman, M. A. (1977). An Analysis of Sixth-Grade Pupils’ Error on Written Mathetatical Task. Victorian Institute for Educational Research Bulletin, 39, 31-4

Ningsih,D., Fitri,D,W. & Cesaria,A. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidenci Siswa Kelas VII SMPN 1 Nan Sabaris. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 9(2),239-247.

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82-90

Rianti, R. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 802-812.

Rindyana, Bunga Suci Bintari. 2012. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman (Studi Kasus MAN Malang 2 Batu). Malang: Universitas Negeri Malang

Suryani, N., & Wuryani, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Tahapan Newman. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 112–120.

Ulvah, S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142-153.

Yusnia, D. & Fitriyani, H. (2016). Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’s Error Analiysis (NEA) Pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Aljabar. Seminar Nasional Pendidikan,Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Semarang.

Zulfah, Z. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-12.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Aprilianto, F., Anggraini, R., Lisda, W., Kurnia Putri, F., Ardila, D., & Cesaria, A. (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Peluang. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 4(3), 122–130. https://doi.org/10.35706/radian.v4i3.13160

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.