Literature Review: Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Diah Pitaloka Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Kiki Nia Sania Effendi Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/radian.v4i3.13162

Keywords:

Differentiated Learning, Learning Independence, Mathematics Learning Outcomes, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran matematika yang memfasilitasi kebutuhan peserta didik sesuai dengan minat, gaya belajar, profil, dan kesiapan belajar dapat meciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Hal tersebut sesuai dengan konsep pembelajaran berdiferensiasi. Perbedaan dan karakteristik peserta didik seyogyanya dapat dikenali dengan baik oleh guru. Hal ini memberikan tantangan bagi guru untuk berinovasi dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang dapat memfasilitasi perbedaan dan kebutuhan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Literatur Review yang menganalisis hasil penelitian terdahulu mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan dampaknya terhadap kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui artikel dan karya ilmiah dari rentang waktu lima tahun terakhir (2019-2024) yang diperoleh melalui pada database Google Scholar yang terindeks Sinta. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran berdeferensiasi mendukung efektivitas pembelajaran matematika yang kreatif, efektif, menyenangkan, dan berdampak positif bagi peserta didik sehingga terciptanya student well-being dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afilin, K. M. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model PJBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar Negeri Jetis 3 Sukoharjo. Jurnal Dikdas Bantara, 6(1). https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i1.2998

Amelia, T., Anwar, W. S., & Mulyawati, Y. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6087-6096. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1323

Amimah, Z., Siswanto, J., & Ismartiningsih, I. (2024). Efektifitas Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantu Multimedia Untuk Mewujudkan Class Well-Being. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 10322-10334. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10319

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.2960

Evendi, H., Rosida, Y., & Zularfan, D. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka SMPN 4 Kragilan. 2(2), 181–186.

Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis self-regulated learning dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1-10.

Fikriani, A. N., Pramasdyahsari, A. S., & Purwati, H. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Materi Statistik Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Dengan Model Pembelajaran PBL. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 436-442. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.4101

Fitriana, A., & Juwana, I. D. P. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan E-Lkpd Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Widyadari, 24(2), 276-285. https://doi.org/10.59672/widyadari.v24i2.3191

Gusnita, Melisa, & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (TPSq). Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 286–296. https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.645

Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai landasan pendidikan vokasi di era kurikulum merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4). http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4493

Hader, A. E., Darniyanti, Y., & Wirdana, W. A. K. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Materi Kelipatan dan Faktor di SD Negeri 04 Sungai Rumbai. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(2), 73-80. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v14i2.675

Haryanti, C. F. (2024). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Waru. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 135. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7431

Humaira, A., & Irsan, I. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Papan Akar Pangkat Tiga terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 018453 Siumbut-Umbut. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7108-7119. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13480

Khofshoh, J., Zuhri, M. S., Purwati, H., & Wibawa, A. (2023). Efektivitas Model Dl Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Model Pbl Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 6(2), 1-7. https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i2.5223

Liana, L., Nurmitasari, N., & Suminto, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dan Contextual Teaching and Learning Pada Kurikulum Merdeka. JURNAL e-DuMath, 10(1), 31-37. https://doi.org/10.52657/je.v10i1.2242

Magdalena, I., Yoranda, D. O., Savira, D., & Billah, S. (2021). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Sudimara 5 Ciledug. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50-59.

Maulin, B. A., & Chotimah, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 949-956. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p%25p

Meirisa, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdeferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3348-3356.

Muhlisah, U., Misdaliana, M., & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2793-2803.

Muslimin, M., Hirza, B., Nery, R. S., Yuliani, R. E., Heru, H., Supriadi, A., ... & Khairani, N. (2022). Peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 22-32. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i2.14770

Ragin, G., Refando, A., & Utami, D. C. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Pandawa, 2(1), 54-60. https://doi.org/10.32507/attadib.v8i2.3000

Sabarikun, N., & Purnomo, H. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1651-1659. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1488

Sapan, M., & Mede, E. (2022). The Effects of Differentiated Instruction (DI) on Achievement, Motivation, and Autonomy among English Learners. Iranian Journal of Language Teaching Research. https://doi.org/10.30466/ijltr.2022.121125

Sartika, D., Syarifuddin, S., & Silvia, R. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar, 7(2), 292-303. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v7i2.2498

Shintia, S., Agusdianita, N., & Kurniawati, I. (2024). Pengaruh Pendekatan Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus III Kota Bengkulu. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92178

Sutrianto, A., & Asyhar, R. (2023). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII SMA Xaverius 1 Jambi Tahun Pelajaran 2023/2024 (Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 10259-10264.

Syarifuddin, & Nurmi. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas ix semester genap SMP Negeri 1 Wera tahun pelajaran 2021/2022. Jago MIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2 i2.184

Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125-3133. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291

Tiasari, L. C., Suryanti, S., & Putra, Z. R. I. A. (2023). Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik melalui Pembelajaran Berdiferensiasi berdasarkan Konten. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 231-247.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Pitaloka, D., & Effendi, K. N. S. (2025). Literature Review: Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 4(3), 104–113. https://doi.org/10.35706/radian.v4i3.13162

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.