Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Ditinjau dari Self Regulated Learning

Authors

  • Inara Aisha Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Alpha Galih Adirakasiwi Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/radian.v4i1.13165

Keywords:

Algebra, Problem Solving Skills, Self Regulated Learning, Aljabar, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

This study aims to describe the categorization of self-regulated learning based on students' problem solving ability in solving algebraic problems. This research uses descriptive qualitative method. The subjects in this study were students of class VIII-I at SMP Negeri 2 Telukjambe Timur. The acquisition of data in this study is based on a comparative analysis of students' daily abilities with the results of the problem solving ability test, as well as a questionnaire on self-regulated learning. Based on the research results, it was found that students with very good self regulated learning category had an average problem solving ability of 58.88 (high category) while students with good self regulated learning category had an average of 45.86 (medium category). Most of the students both with very good and good self-regulated learning still cannot understand the problem and reexamine the problem.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengkategorian self regulated learning berdasarkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal aljabar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII-I di SMP Negeri 2 Telukjambe Timur. Perolehan data penelitian ini didasarkan pada analisis komparatif kemampuan harian siswa dengan hasil tes kemampuan pemecahan masalah, serta lembar kuesioner angket tentang self regulated learning. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa siswa berkategori self regulated learning sangat baik memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah 58,88 (kategori tinggi) sedangkan siswa berkategori self regulated learning baik memiliki rata-rata 45,86 (kategori sedang). Sebagian besar siswa baik dengan self regulated learning sangat baik maupun baik masih belum bisa pada tahap memahami masalah dan memeriksa kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B, Akhnes I. (2023). DESKRIPSI KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS DI SMP NEGERI 2 LAMASI. Skripsi S1, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Bellvian, B., Haryanto, H., & Wyrasti, A. (2021). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI POLYA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(2), 93-99. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss2year2021page93-99

Fisrtiane, V. (2018). PROFIL KEMAMPUAN SISWA MEMECAHKAN MASALAH ALJABAR MENURUT POLYA DITINJAU DARI PERBEDAAN KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT. Skripsi S1, Universitas Jember.

Kidjab, M., Ismail, S., & Abdulla, A. (2019). DESKRIPSI KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP. EULER: Jurnal Matematika, Sains dan Teknologi, 7(1), 25-31. https://doi.org/10.34312/euler.v7i1.10330

Mandini, G., & Hartono, H. ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL HOTS MODEL TIMSS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 148–157. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.21234

Musliha., & Revita, R. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING. JRPM, 2021, 6(1), 68-82. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.68-82

Nurhafsari, A., & Sabandar, J. (2018). KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN AKTIVITAS QUICK ON THE DRAW. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2), 97-107. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i2.1051

Rahmawati, A., Muhtarom., & Wulandari, D. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(6), 513-519. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.8005

Rahmawati, A., Warmi, A., & Marlina, R. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 365-374. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1012

Rahmmatiya, R., & Miatun., A. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619

Saputri, A., & Faiziyah, N. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS HOTS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2543–2553. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2352

Sarumaha, R. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJARMATEMATIKA SISWA MTs TELUKDALAM. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(3), 414-419. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.4187

Zulkarnain, I., & Budiman, H. (2019). PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Research and Development Journal Of Education, 6(1), 18-27. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i1.4093

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Aisha, I., & Adirakasiwi, A. G. (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Ditinjau dari Self Regulated Learning. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.35706/radian.v4i1.13165

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.