Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Aljabar
Keywords:
Algebraic, VIII grade student, Ability to understand mathematical concepts, Aljabar, Kemampuan Pemahaman Konsep MatematisAbstract
The purpose of this research was to analyze the ability to understand mathematical concepts of VIII junior high school students algebraic. The population in this study were VIII grade students of SMP Negeri 6 West Karawang in the academic year 2023/2024. The sample selection was random sampling, obtained by class VIII E. Data collection was obtained using the description test method and interviews to determine students' mathematical concept understanding ability. Data analysis used in this study by grouping students based on high, medium, and low categories. The results showed that students' mathematical concept understanding ability of algebraic material is in the medium category. This is indicated by the categorization results in the high category as many as 14.29%, medium category as many as 60%, and low category as many as 25.71%.
Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP pada topik aljabar. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Karawang Barat tahun ajaran 2023/2024. Pemilihan sampel dipilih secara acak, didapat kelas VIII E. Pengambilan data didapat melalui metode tes uraian dan wawancara untuk mengevaluasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni mengelompokkan siswa berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terhadap topik aljabar termasuk dalam kategori sedang. Hal ini tercermin dari hasil pengategorian pada kategori tinggi dengan 14,29%, kategori sedang dengan 60%, dan kategori rendah dengan 25,71%.
Downloads
References
Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Fajar, A. P., Kodirun, Suhar, & Arapu, L. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229–239.
Lailatus Syarifah, L. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA II.
Mardani, T. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Nurul Fadilla, A., Siliwangi Ayu Suci Relawati, U., Siliwangi Nani Ratnaningsih, U., & Siliwangi, U. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Jendela Pendidikan, 01.
Puji Adhiska, D., Fathurrohman, M., Khaerunnisa Jurusan Pendidikan Matematika, E., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (2020). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ALJABAR (Vol. 1, Issue 1). http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan
Rosmawati, Rina. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 275–290.
Sari, I. A., Yusrizal, Y., & Duskri, M. (2019). Pengembangan Lembar Self-Assessment untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 40–52. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11975
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematicd Education and Science, 2(1), 58–66.
Susilawati, S., Pratiwi, D., Amaliya, F. P., Asbari, M., Rahmawati, R., & Komalasari, S. (2023). Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan | 292 Atomic Habits: Metode Transformasi diri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 292–298.
Tata, T., & Haerudin, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Aljabar. PRISMA, 11(2), 363. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2385
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Aisyah Aisyah, Rina Marlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







