EFEKTIVITAS PROGRAM TBM SUBACIL DI PKBM ASH-SHODDIQ KABUPATEN BANDUNG BARAT: STUDI EVALUASI CIPP

Authors

  • Adinda Indah Palupi Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Cucu Sukmana Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract

Indonesia memiliki tingkat literasi yang rendah, dengan skor PISA 2019 menempatkannya di peringkat ke-62 dari 70 negara. Hal ini menunjukkan rendahnya minat baca di Indonesia, yang menjadi permasalahan bersama. Taman Bacaan Masyarakat (TBM) hadir sebagai salah satu solusi strategis untuk meningkatkan budaya membaca dan literasi. TBM Subacil merupakan salah satu TBM yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program TBM Subacil menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif dengan model CIPP. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Evaluasi menunjukkan bahwa program TBM Subacil belum efisien, saat ini terdapat penurunan minat baca. Disisi lain artinya program TBM Subacil memiliki relevansi tinggi dengan kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan. Pengelola memiliki dedikasi dan kompetensi yang tinggi, namun terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti kebutuhan staf tambahan, pendanaan yang belum stabil, dan sarana prasarana yang minim. Proses belajar mengajar perlu ditingkatkan agar lebih interaktif dan menarik, dan partisipasi peserta serta sistem peminjaman buku perlu ditingkatkan. Diperlukan inovasi dalam program untuk menarik minat peserta dan memenuhi kebutuhan mereka, karena program TBM Subacil memiliki potensi besar untuk memberikan dampak positif pada masyarakat sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan (1 ed.; C. Wijaya, Ed.). Medan: Perdana Publishing.

2. Goldsworthy, K. (2021). What is evaluation? Diambil 6 Juni 2024, dari Australian Institute of Family Studies website: https://aifs.gov.au/resources/practice-guides/what-evaluation

3. Kemendagri. (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara. Retrieved from https://perpustakaan.kemendagri.go.id/2021/03/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara/

4. Kurniawati, E. W. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Pesantren Mahasiswa Model Cipp (Context, Input, Process, Product). Ghaitsa: Islamic Education Journal, 2(1).

5. Nasional, D. P. (2006). Panduan Penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah, Direktorat Pendidikan Masyarakat.

6. Widiantika, R. (2013). Evaluasi Program Taman Bacaan Masyarakat (TBM) (Studi Deskriptif Tentang Evaluasi Program Penyelenggaraan TBM di Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya). Thesis. Universitas Airlangga.

Published

2025-09-25

How to Cite

Palupi, A. I., & Sukmana, C. (2025). EFEKTIVITAS PROGRAM TBM SUBACIL DI PKBM ASH-SHODDIQ KABUPATEN BANDUNG BARAT: STUDI EVALUASI CIPP. JoCE (Journal of Community Education), 5(1), 29–33. Retrieved from https://journal-fkip.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/13097

Issue

Section

Article

Citation Check