Evaluasi Program Senam Masyarakat Sehat PKK Desa Cikeusi Kabupaten Sumedang Model CIPP
Abstract
Program di Indonesia terdapat lingkup formal, informal dan non-formal, baik dari skala kecil juga besar yang mana dari setiap program tersebut tentu tidak terlepas dari proses evaluasi yang mana evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menganalisis dan penyediaan informasi terkait tingkatan keberhasilan suatu program atau kegiatan yang direncakan ataupun yang telah dilaksanakan. Tidak terkecuali pada Program desa berperan dalam meningkatkan produktivitas masyarakat, dan sebagai upaya dalam mengatasi berbagai permasalahan. Pada penelitian ini, evaluasi program Senam Masyarakat Sehat PKK Desa Cikeusi menggunakan model evaluasi program CIPP (Context, Input, Process, and Product) melalui survey deskriptif dengan pengumpulan data seperti wawancara, angket, dan observasi. Penelitian survei merupakan penelitian dengan mengumpulkan informasi dari suatu sampel dengan menanyakannya narasumber melalui angket atau wawancara untuk menggambarkan berbagai aspek dalam suatu populasi. Evaluasi program tersebut dilakukan untuk mengetahui landasan yuridis atau kebijakan yang dipakai dalam keberjalanan program, menganalisis program yang dijalankan oleh pengurus program dan PKK Desa Cikeusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat masyarakat, juga mengetahui efektifitas dan keberlanjutan pelaksanaan program di masa mendatang. Dari penelitian ini juga dapat disimpulkan bahwa program ini telah terlaksana cukup baik sesuai pedoman dengan beberapa aspek yang masih perlu dievaluasi, sehingga rekomendasi yang diberikan dapat dijadikan acuan dalam keberjalanan program selanjutnya di masa mendatang.
Downloads
References
Diana, A., & Sari, R. (2023). Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 1(1), 157-166.
Maidiana, M. (2021). Penelitian survey. ALACRITY: Journal of Education, 20-29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 JoCE (Journal of Community Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



