UPAYA TUTOR MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TEKNIK BALOK PADA KELOMPOK B DI PAUD GARUDA KECAMATAN TELUKJAMBE BARAT KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Ummu Nurhabibah Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Tika Santika Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Nia Hoerniasih Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.4529

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya tutor meningkatkan kemandirian anak usia dini melalui permainan Teknik Balok pada kelompok B di PAUD Garuda Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Penelitian dilaksanakan dua sikus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B sejumlah 24 anak yaitu 12 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara dan lembar dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui permainan teknik balok. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari persentase peningkatan anak yang mendapat kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa upaya tutor meningkatkan kemandirian anak usia dini menggunakan permainan teknik balok pada kelompok B di PAUD Garuda dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini menggunakan bervariasi cara mengajar agar anak lebih semangat dan fokus dalam kegiatan pembelajaran, menyediakan bahan yang menarik sehingga anak tertarik untuk mengikuti pembelajaran yang dilakukan dan mudah memahami maksud dari kegiatan yang akan dilakukan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Solusi Pembelajaran. Bandung : Bumi Aksara.

Fadillah, M (2014), Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarya : Ar-Ruzz Media

H.B. Sutopo. (2002), Surakarta: University press.

Rahmita P. 2006 Perkembangan Potensi Dalam Anak Usia Dini. Buletin PADU

Khadizah. 2016 Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Lexy J Moelong. (2005: 178). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda

Lexy J Moelong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. National Education Association (NEA) (Asnawir dan basyindin usman, Media Pembelajaran) (Jakarta: Ciputat Pers, 2002) h.77

Suharsimi Arikunto. (2006),Jakarta Rajawali Press

Sugiyono. 2011 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung

Susilo, Herawati. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Malang : Bayumedia

Yulianti, (2009) Kemandirian menurut Bernadib mampu menghadapi hambatan atau masalah

Published

2023-06-21

How to Cite

Nurhabibah, U., Santika, T. ., & Hoerniasih, N. (2023). UPAYA TUTOR MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TEKNIK BALOK PADA KELOMPOK B DI PAUD GARUDA KECAMATAN TELUKJAMBE BARAT KABUPATEN KARAWANG. JoCE (Journal of Community Education), 2(2), 16–20. https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.4529

Issue

Section

Article

Citation Check

Most read articles by the same author(s)