Literature Review: Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.35706/radian.v4i3.13162Keywords:
Differentiated Learning, Learning Independence, Mathematics Learning Outcomes, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemandirian Belajar, Hasil BelajarAbstract
Pembelajaran matematika yang memfasilitasi kebutuhan peserta didik sesuai dengan minat, gaya belajar, profil, dan kesiapan belajar dapat meciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Hal tersebut sesuai dengan konsep pembelajaran berdiferensiasi. Perbedaan dan karakteristik peserta didik seyogyanya dapat dikenali dengan baik oleh guru. Hal ini memberikan tantangan bagi guru untuk berinovasi dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang dapat memfasilitasi perbedaan dan kebutuhan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Literatur Review yang menganalisis hasil penelitian terdahulu mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan dampaknya terhadap kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui artikel dan karya ilmiah dari rentang waktu lima tahun terakhir (2019-2024) yang diperoleh melalui pada database Google Scholar yang terindeks Sinta. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran berdeferensiasi mendukung efektivitas pembelajaran matematika yang kreatif, efektif, menyenangkan, dan berdampak positif bagi peserta didik sehingga terciptanya student well-being dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika.
Downloads
References
Afilin, K. M. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model PJBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar Negeri Jetis 3 Sukoharjo. Jurnal Dikdas Bantara, 6(1). https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i1.2998
Amelia, T., Anwar, W. S., & Mulyawati, Y. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6087-6096. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1323
Amimah, Z., Siswanto, J., & Ismartiningsih, I. (2024). Efektifitas Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantu Multimedia Untuk Mewujudkan Class Well-Being. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 10322-10334. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10319
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.2960
Evendi, H., Rosida, Y., & Zularfan, D. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka SMPN 4 Kragilan. 2(2), 181–186.
Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis self-regulated learning dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1-10.
Fikriani, A. N., Pramasdyahsari, A. S., & Purwati, H. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Materi Statistik Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Dengan Model Pembelajaran PBL. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 436-442. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.4101
Fitriana, A., & Juwana, I. D. P. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan E-Lkpd Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Widyadari, 24(2), 276-285. https://doi.org/10.59672/widyadari.v24i2.3191
Gusnita, Melisa, & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (TPSq). Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 286–296. https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.645
Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai landasan pendidikan vokasi di era kurikulum merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4). http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4493
Hader, A. E., Darniyanti, Y., & Wirdana, W. A. K. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Materi Kelipatan dan Faktor di SD Negeri 04 Sungai Rumbai. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(2), 73-80. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v14i2.675
Haryanti, C. F. (2024). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Waru. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 135. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7431
Humaira, A., & Irsan, I. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Papan Akar Pangkat Tiga terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 018453 Siumbut-Umbut. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7108-7119. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13480
Khofshoh, J., Zuhri, M. S., Purwati, H., & Wibawa, A. (2023). Efektivitas Model Dl Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Model Pbl Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 6(2), 1-7. https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i2.5223
Liana, L., Nurmitasari, N., & Suminto, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dan Contextual Teaching and Learning Pada Kurikulum Merdeka. JURNAL e-DuMath, 10(1), 31-37. https://doi.org/10.52657/je.v10i1.2242
Magdalena, I., Yoranda, D. O., Savira, D., & Billah, S. (2021). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Sudimara 5 Ciledug. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50-59.
Maulin, B. A., & Chotimah, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 949-956. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p%25p
Meirisa, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdeferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3348-3356.
Muhlisah, U., Misdaliana, M., & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2793-2803.
Muslimin, M., Hirza, B., Nery, R. S., Yuliani, R. E., Heru, H., Supriadi, A., ... & Khairani, N. (2022). Peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 22-32. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i2.14770
Ragin, G., Refando, A., & Utami, D. C. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Pandawa, 2(1), 54-60. https://doi.org/10.32507/attadib.v8i2.3000
Sabarikun, N., & Purnomo, H. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1651-1659. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1488
Sapan, M., & Mede, E. (2022). The Effects of Differentiated Instruction (DI) on Achievement, Motivation, and Autonomy among English Learners. Iranian Journal of Language Teaching Research. https://doi.org/10.30466/ijltr.2022.121125
Sartika, D., Syarifuddin, S., & Silvia, R. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar, 7(2), 292-303. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v7i2.2498
Shintia, S., Agusdianita, N., & Kurniawati, I. (2024). Pengaruh Pendekatan Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus III Kota Bengkulu. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92178
Sutrianto, A., & Asyhar, R. (2023). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII SMA Xaverius 1 Jambi Tahun Pelajaran 2023/2024 (Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 6(1), 10259-10264.
Syarifuddin, & Nurmi. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas ix semester genap SMP Negeri 1 Wera tahun pelajaran 2021/2022. Jago MIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2 i2.184
Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125-3133. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291
Tiasari, L. C., Suryanti, S., & Putra, Z. R. I. A. (2023). Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik melalui Pembelajaran Berdiferensiasi berdasarkan Konten. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 231-247.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Diah Pitaloka, Kiki Nia Sania Effendi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







