Systematic Literature Riview: Kesalahan Peserta Didik SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan dan Deret Aritmatika
DOI:
https://doi.org/10.35706/radian.v4i2.13168Keywords:
Arithmetic Sequences and Series, Story Problems, Newman Theory, High School Students, Barisan dan Deret Aritmatika, Soal Bentuk Cerita, Teori Newman, Peserta didik SMAAbstract
This research focuses on the analysis of errors made by senior high schools (SMA) student in solving word problems on the topic of arithmetic sequences and series, which is part of advanced mathematics. Difficulties in understanding this concept often lead to errors in problem-solving. The purpose of conducting this research is to identify and classify these errors based on Newman's theory, taking into account the transition from the 2013 Curriculum to the Independent Learning Curriculum (Kurikulum Merdeka). The Systematic Literature Review (SLR) method was applied to collect and analyze data from relevant literature (publication years 2019-2024) found through Google Scholar and the Publish or Perish (PoP) application using the keywords arithmetic sequences and series, word problems, Newman's theory, and senior high school students. The research findings indicate three main categories of errors: comprehension error, transformation error, and process skill error. The 2013 Curriculum, which focused on concept mastery, faced obstacles such as a less interactive approach, causing students to continue experiencing difficulties. The Independent Learning Curriculum (Kurikulum Merdeka), with its flexible and project-based approach, offers opportunities for improving learning through the strengthening of critical thinking and problem-solving competencies.
Penelitian ini berfokus pada analisis kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam menyelesaikan soal cerita pada topik barisan dan deret aritmatika, yang merupakan bagian dari matematika peminatan. Kesulitan dalam memahami konsep ini sering kali mengakibatkan kesalahan dalam penyelesaian masalah. Tujuan melakukan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengklasifikasi kesalahan tersebut berdasarkan teori Newman, dengan memperhatikan transisi dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka. Metode Systematic Literature Riview (SLR) diterapkan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari literatur yang relevan (tahun publikasi 2019-2024) yang ditemukan melalui Google Scholar dan aplikasi Publish or Perish (PoP) dengan kata kunci barisan dan deret aritmatika, soal cerita, teori Newman, dan peserta didik SMA. Berdasarkan hasil penelitian mengindikasikan adanya tiga kategori kesalahan utama yakni kesalahan pemahaman (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), dan kesalahan proses (process skill error). Kurikulum 2013 yang berfokus pada penguasaan konsep menghadapi kendala seperti pendekatan yang kurang interaktif, sehingga peserta didik tetap mengalami kesulitan. Kurikulum Merdeka, dengan pendekatan fleksibel dan berbasis proyek, menawarkan peluang peningkatan pembelajaran melalui penguatan kompetensi berpikir kritis dan pemecahan masalah.
Downloads
References
Amri, A. N., & Ardiyanti, Y., Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan dan Deret Aritmatika Berdasarkan Teori Newman. Prosiding Sesiomadika, 5(1), 137-148. 2024
Afifah, A., Darmayanti, R., Sugianto, R., Choirudin, C., & Putra, F., “How does Newman analyze student errors when solving BADER story problems?”, AMCA Journal of Religion and Society. https://doi.org/10.51773/ajrs.v2i2.275). 2022
Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika menggunakan tahapan kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 522-532.
Ardianzah, M. A., & Wijayanti, P. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman pada Materi Bangun Datar Segiempat. MATHEdunesa, 9(1), 40-47. https://doi.org/10/26740/mathedunesa.v9n1.p40-47
Bimantoro, W., Listiawan, T., & Rochman, F. C. (2024). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi barisan dan deret berdasarkan teori kesalahan Newman. Jurnal Kajian Pendidikan Indonesia, 1(1).
Budiyono. (2008). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita Matematika. Pedagogia, 11( 1), 1-8.
Deswandi, Z., Hamdani, H., & Bistari, B. Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan Dan Deret Aritmatika Di SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(7).
Fadillah, M., Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2024, August). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI MA Ihsan Pekanbaru dalam Menyelesaikan Soal Penalaran Barisan dan Deret Berdasarkan Teori Newman. In Edumatnesia: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1, pp. 175-189).
Farida, Z., Sabila, M. S., & Setiawaty, R. (2022, August). Systematic Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Model Team Games Tournament. In Seminar Nasional Lppm Ummat (Vol. 1, pp. 158-168).
Fitria, A., Iltavia, I., & Hikmi, N. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X Di SMAN 1 Lembah Melintang dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Menurut Teori Newman. Educational Journal: General and Specific Research, 3(3), 791-801.
Lestari, F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Pecahan pada Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 07 Kota Bengkulu. Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.
Mukhtar. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep Siswa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 353–360
Noer, S. F., Sugandi, A. I., & Amelia, R. (2023). Analisis kesalahan dalam soal-soal pemecahan masalah siswa SMA kelas XI pada materi barisan dan deret aritmatika ditinjau dari teori newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4), 1369-1378.
Novitasari, D., & Astutik, E. P. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret Aritmatika Berdasarkan Teori Newman. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (Vol. 1, pp. 252-262).
Penyusun, T. (2014). Permendikbud No. 59 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Putri, S., Husna, A., & Agustyaningrum, N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret berdasarkan teori Newman ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1548-1561.
Qolbi, G., Dewi, P., Sholiha, S., Pangestu, T., & Fu’adin, A. (2022). Analysis of Students' Mathematical Understanding on Arithmetic Sequences and Series in 12th Grade Senior High School. Brillo Journal. https://doi.org/10.56773/bj.v2i1.24.
Riera, E. C., Junarti, J., & Irhadtanto, B. (2024, July). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Aritmetika Menggunakan Teori Newman. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA (Vol. 2, No. 1, pp. 173-184).
Rochaminah, S., & Murdiana, I. N. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI MIA 1 Madrasah Aliyah Al-Khairaat Kalangkangan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan Dan Deret Aritmetika Berdasarkan Tahapan Newman: Error Analysis Of Students in Class XI MIA 1 of Madrasah Aliyah Al-Khairaat Kalangkangan in Solving Analytical Question of Arithmetic Progression Based on Newman’s Stages. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 11(2), 163-172.
Sari, D. M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman Pada Kelas XI MIPA 1 SMAN 5 Padang. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 87-97.
Sari, M., Efuansyah, E., & Fitriyana, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret Aritmetika Kelas XI MIA SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau. Nabla Dewantara. https://doi.org/10.51517/ND.V5I2.225.
Situmorang, T. L., Pangaribuan, L. R., & Situmorang, A. S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 12(2), 146-153.
Supriyanto. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Perbandingan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education. https://doi.org/10.51675/JP.V1I2.81.
Syahril, R. F., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Objek Matematika pada Materi Barisan dan Deret di Kelas XI SMA/MA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2816-2825.
Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Iffah Abidah, Ilham Yanuar Jamaludin, Sutirna Sutirna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







