EDUTAINMENT SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK

Studi pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun di Kober Al-Uswah Kec.Cisayong Kab.Tasikmalaya

Authors

  • Findra Farikha Pendidikan Masyarakat, Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Yus Darusman Pendidikan Masyarakat, Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Lilis Karwati Pendidikan Masyarakat, Universitas Siliwangi, Indonesia

Keywords:

Pengembangan Kognitif anak, Model Pembelajaran, Edutainment

Abstract

Pendidikan Anak Usia dini (PAUD) Kober Al-Uswah di Kabupaten Tasikmalaya menggunakan edutainment sebagai model pembelajaran dalam pengembangkan kognitif anak. Edutainment sebagai model pembelajaran yang digunakan suatu perantara yang membantu memperjelas materi pembelajaran, bagi  guru dalam mempermudah serta mengatasi masalah komunikasi dalam pembelajaran.  Maka tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pembelajaran edutaiment untuk pengembangan kognitif anak usia dini 5-6 Tahun di Kober Al-Uswah.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan datanya purposive sampling  dengan melaksanakan observasi, wawancara dan dokumentasi di Kober Al-Uswah Kabupaten Tasikmalaya. Hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran edutainment dilihat dari Informasi meliputi: penyajian materi, media interaksi, mendorong minat, tujuan. Transformasi: mengubah metode mengajar, pengembangan keterampilan, kolaborasi, pengembangan memori auditori. Evaluasi: penilaian materi, tujuan pembelajaran. Perkembangan kognitif meliputi: peningkatan daya ingat materi, penggulangan kosa kata, pemahaman perkembangan anak, identifikasi bahasa bentuk dan warna, mengaplikasikan pengetahuan, membedakan pengelompokan, mengukur hasil belajar,serta mengoptimalkan bermain dan bereksperimen. Simpulan dari penelitian ini yaitu edutaiment sebagai model pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Muhibbin, S. (2014). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan baru (Edisi Revisi). In Cetakan ke-15. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya (Anang Soll). PT Remaja Rosdakarya.

2. Mawarni, M. J., Karwati, L., & Danial, A. (2023). PERAN KELUARGA TENTARA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI (Studi Kasus di Perumahan Direktorat Pembekalan Angkutan Angkatan Darat, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat). Pendidikan Masyarakat, 1(1), 33–43

3. Agus Purnomo, Maria kanusta, F. (2022). Model, Pembelajaran, dan Model Pembelajaran. Lombok Tengah: Yayasan Hamjah Diha.

4. Endang, P. (2021). Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bojonegoro: Guepedia.https://www.google.co.id/books/edition/ALAT_PERMAINAN_EDUKATIF_Anak_Usia_Din/001KEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=alat+permainan+edukatif+grand+theory+book&printsec=frontcover

5. Fadlillah, M. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini ( Menciptakan pembelajaran menarik, kreatif, dan menyenangkan). Jakarta : Kencana

6. Muis, M. (2019). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah ( Teori dan Penerapanya). Jawa Timur: Caramedia Comunication. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=XvAWEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Teori+model+pembelajaran+adalah+&ots=qJKpnPFX2h&sig=k99Q2qDHZbXH_It1ZIu0VXVKraE&redir_esc=y#v=onepage&q=Teori model pembelajaran adalah&f=true

7. Sholeh, H. (2014). Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva Press. https://perpustakaan.jakarta.go.id/book/detail?cn=INLIS000000000786988

8. Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

9. Taliak, J. (2020). Teori dan Model Pembelajaran. Indramayu : (J. Ambarita) Adanu Abimata

10. Am, Z. (2018). Teknik Penilaian Hasil Pembelajaran. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 14(02), 53–62. https://doi.org/10.31000/rf.v14i02.901

11. Ani, W. (2004). Metode Mengajar Sebagai Strategi Dalam Mencapai Tujuan Belajar Mengajar. CWL Publishing Enterprises, Inc., Madison, 3.(1), 66-70. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/cbdv.200490137/abstract

12. Astuti, N. P., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Bermain Asyik Pada Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2141. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2141-2150.2022

13. Fitriawati, E., Syukri, & Miranda, D. (2014). Peningkatan kemampuan daya ingat anak melalui metode bercerita dengan media gambar berseri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(4), 1–2.

14. Hariyadin, & Nasihudin. (2021). Pengembangan Keterampilan Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 733–743

15. Hidayat, S., & Nur, L. (2018). Nilai Karakter, Berpikir Kritis Dan Psikomotorik Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 29–35. https://doi.org/10.21009/jiv.1301.4

16. Sugiarto. (2019). Penggunaan Metode Mengajar Di Paud Dalam Rangka Menumbuhkan Minat Belajar Anak. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 14–19. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.733

17. Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Downloads

Published

2025-10-27

How to Cite

Farikha, F., Darusman, Y., & Karwati, L. (2025). EDUTAINMENT SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK : Studi pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun di Kober Al-Uswah Kec.Cisayong Kab.Tasikmalaya. JoCE (Journal of Community Education), 5(2), 61–70. Retrieved from https://journal-fkip.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/11971

Issue

Section

Article

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.