PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BAHASA INDONESIA PADA KELAS VIII DI SMPN 2 TELUKJAMBE TIMUR
Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Ucapan Terima kasih, Daftar Pustaka.
DOI:
https://doi.org/10.35706/jk.v4i1.8272Keywords:
media, pembelajaran, pengembangan, bahasa, puisiAbstract
berbagai sekolah. Tetapi Pola pembelajaran konvensional ini ternyata menimbulkan beberapa masalah dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, seperti halnya kondisi dimana siswa mudah bosan, dan tidak tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal. Kondisi tersebut ditemukan berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan pada kelas VIII di SMP Negeri 2 Telukjambe Timur. Hal tersebutlah yang menjadi alasan penelitian ini kemudian dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan kedua masalah tersebut dengan menggunakan cara pengembangan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan mengadaptasi model pengembangan media menurut Sadiman. Media pembelajaran interaktif berbasis website Animo Mencerap dalam salah satu pembelajaran bahasa Indonesia, yakni pemodelan puisi pada kela VIII SMP Negeri 2 Telukjambe Timur menjadi media pembelajaran yang efektif. Karena tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal dan peserta didik tidak cepat bosan selama proses pembelajaran berlangsung.
Conventional learning patterns or traditional learning are commonly found in various schools. But this conventional learning pattern turns out to cause several problems in learning activities at school, such as conditions where students get bored easily, and learning objectives are not achieved optimally. This condition was found based on the results of observations that researchers conducted in class VIII at SMP Negeri 2 Telukjambe Timur. This is the reason why this research was carried out. This study aims to solve both of these problems by using the development of learning media. The method used in this study is a qualitative method by adapting the media development model according to Sadiman. The interactive learning media based on the Animo Menperap website in one of the Indonesian language lessons, namely modeling poetry in class VIII SMP Negeri 2 Telukjambe Timur is an effective learning medium. Because learning objectives can be achieved optimally and students do not get bored quickly during the learning process.
Downloads
References
Ramadhanti, D. (2018). Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia. Deepublish.
Rondhi, M. (2017). Apresiasi seni dalam konteks pendidikan seni. Imajinasi: Jurnal Seni, 11(1), 9-18.
Sadiman, A. S. (2009). Media Pendidikan: Pengertian. Pengembangan, dan Pemanfaatannya.
Voutama, A., & Novalia, E. (2021). Perancangan Aplikasi M-Magazine Berbasis Android Sebagai Sarana Mading Sekolah Menengah Atas. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 104-115.
Zubaidah, E., & Saptomo, B. (2004). Pengelolaan Majalah Dinding di Sekolah. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 8(01).
Mahmun Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah pemilihan
Media dan Implementasi Dalam Pembelajaran) dalam Jurnal Pemikiran Islam Vol.37 No. 1 Januari – Juni
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. (Cetakan ke5).
Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 KOLASE

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


