Systematic Literature Review: Efektivitas Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Geometri Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.35706/radian.v4i1.13131Keywords:
Efektivitas Pembelajaran, Project Based Learning, Siswa SMK, Systematic Literature Review, SLRAbstract
Pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menuntut keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan aplikatif agar siswa mampu menghubungkan konsep dengan dunia kerja. Namun, pembelajaran geometri di SMK masih dominan teoritis sehingga siswa kesulitan memahami penerapan konsep dalam konteks nyata. Salah satu model pembelajaran yang relevan adalah Project-Based Learning (PjBL), yang berfokus pada kegiatan proyek untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis efektivitas PjBL pada materi geometri di SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pedoman PRISMA, melalui tahap identifikasi, seleksi, analisis, dan sintesis artikel pada rentang 2017–2025. Sebanyak 15 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dianalisis. Hasil menunjukkan bahwa PjBL konsisten meningkatkan hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, kreativitas, serta motivasi siswa. Integrasi teknologi seperti GeoGebra, Augmented Reality, dan media berbasis web memperkuat efektivitas PjBL dalam pembelajaran geometri yang lebih interaktif dan kontekstual. Dengan demikian, PjBL dapat direkomendasikan sebagai pendekatan inovatif dalam pembelajaran geometri di SMK untuk mendukung penguasaan kompetensi abad ke-21.
Mathematics learning in Vocational High Schools (SMK) requires critical, creative, and applicative thinking skills so that students can connect concepts with the world of work. However, geometry learning in SMK is still predominantly theoretical, causing students to struggle in understanding the application of concepts in real contexts. One relevant learning model is Project-Based Learning (PjBL), which focuses on project activities to enhance conceptual understanding and 21st-century skills. This study aims to systematically review the effectiveness of PjBL in geometry learning at SMK. The research method used is a Systematic Literature Review (SLR) guided by the PRISMA framework, through the stages of identification, selection, analysis, and synthesis of articles published between 2017 and 2025. A total of 15 articles that met the inclusion criteria were analyzed. The results show that PjBL consistently improves learning outcomes, critical thinking skills, creativity, and student motivation. The integration of technology such as GeoGebra, Augmented Reality, and web-based media further strengthens the effectiveness of PjBL in creating more interactive and contextual geometry learning. Therefore, PjBL can be recommended as an innovative approach in geometry learning at vocational schools to support the mastery of 21st-century competencies.
Downloads
References
Adinda, A., Irmawati, I., Sastri, S., Hartiwi, S., Atiqah, Z., Rahman, H., & Nurzahrani, N. (2025). Systematic Lyteratur Review: PjBL Berbantuan Coding pada Pembelajaran Matematika Tingkat SMA/SMK. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1419-1430.
Hanan, M. P., & Alim, J. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 59-66.
Latifah, A., Fuad, M. N., Fatih, A. S., & Ramadhan, F. F. (2025). Integrasi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Kejuruan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMK Merdeka Ulujami. Jurnal Penelitian Inovatif, 5(2), 881-888.
Lestari, K. E., Yudhanegara, M. R., & Ilma, Z. A. (2017, December). Teaching geometry through project-based learning using dynamic software. In The 5th South East Asia Development Research International Conference 2017. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/343392620
Lubis, A., Yuanita, P., & Hutapea, N. M. (2025). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual SPLTV Berdasarkan Teori Newman. Lattice Journal: Journal of Mathematics Education and Applied, 5(1), 29-43.
Mariyam, M., Wahyuni, R., & Setiawan, M. A. (2019). Penerapan model pembelajaran visualization, auditory, kinesthetic terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 85-94. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v6i2.505
Muchlis, E. E., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2021). Development of a web-based worksheet with a project-based learning model assisted by GeoGebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 46–60. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.40985
Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran kontekstual dan pembelajaran problem based learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66-77.
Nu’man, M., & Azka, R. (2023). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah geometri. Polynom: Journal in Mathematics Education, 3(2). Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/polynom
Oktaviana Ainun, R., Haryani, D., Hasan, Q. A., & Artuti, E. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Transformasi Geometri.
Rahmadani, P. N., Arthur, R., & Maulana, A. (2023). Integrasi konsep literasi vokasional untuk mengembangkan berpikir kritis pada siswa SMK: Sebuah kajian pustaka. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), 817-826.
Ruddin, R. H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Pjbl Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 7 Makassar. Jurnal Mediatik, 41-47.
Santi, I., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK pada materi barisan dan deret di kota pekanbaru. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 95-106.
Satriawati, G., Kholis, N., Dwirahayu, G., & Sobiruddin, D. (2023). Pengembangan Bahan ajar transformasi geometri berbantuan website: Pendekatan Project-Based-Learning Mozaik Geometri. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1), 1-15.
Septiani, F., & Aminudin, M. (2025). Analisis Kolaborasi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Fungsi Kuadrat Kelas X Melalui Pembelajaran Discovery Berbantuan Geogebra. Integrative Perspectives of Social and Science Journal, 2(2 Mei), 2927-2933.
Sholeh, M. I., Tasya, D. A., Syafi’i, A., Rosyidi, H., Arifin, Z., & binti Ab Rahman, S. F. (2024). Penerapan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Tinta, 6(2), 158-176.
Siregar, T. P. (2024). The effect of project-based learning method on understanding geometry concepts in secondary school students. Attractive: Innovative Education Journal, 6(3), 303–310. https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/
Suciawati, V., Sudianto, S., Jatisunda, M. G., & Rohaeti, T. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Gaya Kognitif Siswa pada Model Pembelajaran Project Based Learning. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 80-89.
Sudiansyah, S., Dinoto, M., Apriani, F., Rhohaila, R., & Feriyadi, D. (2025). Keterukuran Modul Ajar Matematika SMK Bidang Keahlian Teknologi Kontruksi Dan Bangunan. J-SAVE: Jurnal Of Science and Vocational Education, 1(1), 15-29.
Sundari, S., Rusani, I., Musa’ad, F., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2024). Pengaruh model project based learning berbasis entrepreneurship terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran geometri ruang. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(4), 1174–1188. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i4.9363
Surtikawati, E., Desstya, A., & Fathoni, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Di Kelas VI SD N 2 Girimarto. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 76-91. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.9177
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77.
Trisnowali, A., & Alimuddin, H. (2020). Profil kemampuan spasial dalam menyelesaikan masalah geometri siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi ditinjau dari perbedaan gender. ALFAmath: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 22-35.
Wahyuni, S. (2023). Analisis kesulitan siswa pada mata pelajaran transformasi geometri dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 4(1), 55-62.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Dini Pujiani, Rika Mulyati Mustika Sari, Kiki Nia Sania Effendi, Annisaa Kossahdasabitah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







