Analisis Perbedaan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Status Kerja Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin

Authors

  • Karina Chintya Lestari Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Weni Tri Sasmi Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Dhea Intan Patya Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Amallia Amallia Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Siska Ramadani Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/radian.v4i2.13171

Keywords:

Working Students, Learning Outcomes, Mathematics, Mahasiswa Bekerja, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

This study analyzes the differences in learning outcomes between students who work (MB) and those who do not work (MTB) in Mathematics 2, as part of the Mechanical Engineering Study Program at Buana Perjuangan University in Karawang. The present study employed a quantitative approach, utilizing a posttest-only design. The sample population comprised 40 students, with 20 assigned to the MB group and 20 to the MTB group. The research instrument employed was a midterm examination question. The results of the descriptive analysis demonstrated that MB exhibited an average score of 71.10, which surpassed the average score of 66.60 achieved by MTB. The normality test indicated that the distribution of the MTB group was consistent with a normal distribution. Consequently, a difference test was conducted using the Mann-Whitney U test, yielding a significance result of 0.039 (<0.05), thereby indicating a significant difference between the two groups. This finding suggests that employment status may positively influence learning outcomes. It has been demonstrated that individuals with a background in business management tend to exhibit superior time management skills, discipline, and motivation to learn. This study posits the necessity of an educational approach that is tailored to the characteristics of working students, with the objective of facilitating optimal academic achievement.

Penelitian ini menganalisis perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang bekerja (MB) dan tidak bekerja (MTB) pada Mata Kuliah Matematika 2, di Program Studi Teknik Mesin, Universitas Buana Perjuangan Karawang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain posttest-only. Sampel terdiri dari 40 mahasiswa, yaitu 20 MB dan 20 MTB. Instrumen penelitian berupa soal Ujian Tengah Semester. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa MB memiliki rata-rata nilai 71,10, lebih tinggi dibandingkan MTB dengan rata-rata nilai 66,60. Uji normalitas menunjukkan bahwa hanya kelompok MTB yang berdistribusi normal. Oleh karena itu, uji perbedaan dilakukan menggunakan Mann-Whitney U test dengan hasil signifikansi 0,039 (< 0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Temuan ini mengindikasikan bahwa status bekerja dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar. MB cenderung memiliki kemampuan manajemen waktu, disiplin, dan motivasi belajar yang lebih tinggi. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik mahasiswa yang bekerja untuk mendukung pencapaian akademik yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahwan, M. A. (2022). Karakteristik Mahasiswa Pascasarjana dalam Mencari Informasi di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Muktabatuna: Jurnal Kajian Kepustakawanan, 4(1), 52–73.

Alfiatunnisa, E., Khairunnisa, H. Z., Hayati, S., & Maulida, V. L. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Terhadap Kemandirian Siswa Sekolah dasar Kelas 1. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(2), 29–36.

Arifatul Haq, H., Siti Anisah, A., & Tutun Usman, A. (2025). Penerapan Media Papan Penjumlahan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 MIN 4 Garut. Journal of Classroom Action Research, 7(SpecialIssue), 548–556.

Artati, N. L. K. R., Suarjana, I. M., & Bayu, G. W. (2023). Model Group Investigation Berbantuan Gallery Walk dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Unit Penyusunan Data. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 374–381.

Basri, K., Baidowi, B., Junaidi, J., & Turmuzi, M. (2021). Analisis butir soal ulangan semester ganjil mata pelajaran matematika kelas VIII SMP pada tahun ajaran 2018/2019. Desember 2021 Journal of Mathematics Education and Application, 1, 682–694.

Djahati, M., Pandang, A., & Umar, N. F. (2025). Pengaruh Self-Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling di UNM. Universitas Negeri Makassar.

Fardani, Z., & Surya, E. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 39–51.

Fatayah, F., Yuliana, I. F., & Muf’idah, L. (2022). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dalam Mendukung Ketuntasan Belajar Model STEM. Buana Pendidikan, 18(1), 49–60.

Gulo, Y. T. M., Batubara, B. M., & Angelina, N. (2021). Strategi Pemerintah Kelurahan Dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia Anak Putus Sekolah di Kampung Nelayan. PUBLIKAUMA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 9(2), 1–8.

Hasanah, H., & Yanuar, M. (2023). Perbandingan Hasil Pembelajaran Daring Mahasiswa Yang Bekerja dan Tidak Bekerja. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 7(2), 267–276.

Hasanah, I. R. (2022). Pelaksanaan Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia di Dalam Bidang Pendidikan Tinjauan dari Pasal 31 Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Pamulang Law Review, 5(1), 77–84.

Imanuel, Y., Buyung, B., Wahyuni, R., & Nirawati, R. (2024). Evaluasi Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Matematika Kelas VIII di SMPS Advent Singkawang: Analisis Validitas, Reliabilitas, Indeks Kesukaran, dan Daya Pembeda. 190–198.

Jamaludin, A. (2016). Perbandigan Hasil Belajar Antara Mahasiswa Yang Bekerja dengan Yang Tidak Bekerja pada Matakuliah Ekonomi Mikro di STIE YPBI Jakarta. Jurnal Administrasi Kantor, 4(1), 198–210.

Melinda, W. (2024). Pengaruh Work-Life Balance dan Manajemen Waktu (Time Management) Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa yang Bekerja Paruh Waktu. Fakultas Psikologi, Universitas Islam Sultan Agung.

Pratama, N. (2024). Self Compassion pada Mahasiswa Pekerja sebagai Ojek Online di Kota Purwokerto. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Sasmi, W. T., Guztaman, G., Nurapriani, F., & Yulianti, H. T. (2023). Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Bekerja dan Tidak Bekerja Terhadap Mata Kuliah Kimia Dasar Prodi Teknik Industri. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 8(2), 160–165.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Lestari, K. C., Sasmi, W. T., Patya, D. I., Amallia, A., & Ramadani, S. (2025). Analisis Perbedaan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Status Kerja Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 4(2), 81–86. https://doi.org/10.35706/radian.v4i2.13171

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.