PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENDIDIKAN BERBASIS KECAKAPAN HIDUP DALAM MENGHADAPI TANTANGAN KEHIDUPAN
Keywords:
Pendidikan kecakapan hidup, Pengembangan kompetensiAbstract
Pendidikan berbasis kecakapan hidup merupakan pendekatan yang mengintegrasikan keterampilan praktis dengan pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik dalam mempersiapkan mereka menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan berbasis kecakapan hidup dalam mengembangkan kemampuan peserta didik agar mampu beradaptasi, berpikir kritis, dan memiliki etos kerja yang baik. Selain itu, pendekatan ini juga menekankan pentingnya penguatan nilai-nilai karakter seperti tanggung jawab, disiplin, dan kerja sama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana hasil yang dipaparkan berupa pernyataan yang relevan dengan realita yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis kecakapan hidup dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah serta membentuk karakter yang tangguh dan mandiri. Dengan begitu, pendidikan ini menjadi strategi efektif untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi dinamika kehidupan dan dunia kerja di masa depan.
Downloads
References
1. Balkis, S., Arismunandar, A., Tarrapa, S., Al Muhajir, M., & Fitriyani, F. (2024). Implementasi kecakapan hidup Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Kependidikan Media, 13(1), 40-48.
2. Council, N. R. (2013). Education for life and work: Developing transferable knowledge and skills in the 21st century. Washington, DC: National Academies Press.
3. Covey, S. R. (2020). The 7 habits of highly effective people. Simon & Schuster.
4. Desmawati, L., Suminar, T., & Budiartati, E. (2020). Penerapan Model Pendidikan Kecakapan Hidup pada Program Pendidikan Kesetaraan di Kota Semarang. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.968
5. Dikdasmen, D. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.
6. Febriyanti, N. (2021). Implementasi konsep pendidikan menurut ki hajar dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631-1637.
7. Goleman, D. (1996). Emotional intelligence. Why it can matter more than IQ. Learning, 24(6), 49-50.
8. Hendayani, M. (2019). Problematika pengembangan karakter peserta didik di era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183.
9. Ifnaldi, I. (2021). Pendidikan Kecakapan Hidup. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 8(2), 170-188. https://doi.org/10.52166/darelilmi.v8i2.2911
10. Kurikulum, P., Depdiknas, B., & No, J. G. S. R. (2006). Pengembangan model pendidikan kecakapan hidup. Jakarta Pusat.
11. Marwiyah, S. (2012). Konsep pendidikan berbasis kecakapan hidup. Jurnal Falasifa, 3(1), 75-97.
12. Pendidikan, T. P. I. (2007). Ilmu dan Aplikasi pendidikan. Grasindo, Jakarta.
13. Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
14. Sadiyah, H. (2018). INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP MA’ARIF 4 PAMEKASAN. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 5(2), 168-176.
15. Salsabila, W. T., Faza, M. R., & Hidayat, M. R. (2021, January). Pendidikan Kecakapan Hidup Sebagai Solusi Pembelajaran Matematika Di Era Merdeka Belajar Dalam Menjawab Tantangan PISA. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 2, pp. 105-118).
16. Shafar, M. R., Dinar, M., Hasan, M., Ahmad, M., & Supatminingsih, T. (2022). Pendidikan Kecakapan Hidup pada Sekolah Dasar Berbasis Literasi Ekonomi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9245-9255.
17. Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.
18. Triwiyanto, Teguh. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
19. Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003, Citra Umbara, Bandung, 2003, hlm. 3
20. Unesco. (2004). Report of The Inter-Agency Working Group on Life Skills in EFA. Paris: UNESCO.
21. WHO. (1997). Life Skills Education for Children and Adolescents in Schools. Geneva: WHO.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 JoCE (Journal of Community Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



